Sabtu, 01 Oktober 2011

Schotel Kukus Pisang


            Saya suka memasak. Namun, kegiatan ini saya lakukan sebagai bagian dari eksperiman yang bersifat hiburan. Saya sering mencoba berkesperimen dengan limpahan pisang tanduk hasil oleh-oleh saya dari Bitung Tangerang.
           Eksperimen ini saya juduli Schotel Kukus Pisang. Kalau umumnya schotel itu dipanggang, saya terpaksa harus mengukusnya. Maklum, saya tidak punya oven sih di rumah! :D
Selain itu, eksperimen ini sebetulnya saya tujukan untuk membuat getuk pisang. Tapi karena waktu itu saya tidak mendapatkan tepung sagu dan daun pisang, terpaksa saya pindah haluan menjadi schotel kukus pisang.
Jika Anda berkenan mencobanya, inilah caranya…

Bahan:
-         5 buah pisang tanduk
-         3 sendok makan tepung terigu
-         3 sendok gula pasir
-         Santan kental (Saya memakai santan kental sachet yang memiliki takaran dari 1 buah kelapa)
-         Garam secukupnya (sedikit saja)
-         Margarin secukupnya
-         Vanili secukupnya (sedikit saja)
-         Keju menurut selera (Saya menggunakan lembaran keju chedar. Anda juga bisa menggunakan keju      batangan untuk membuat taburan di atas schotel nantinya.)

Cara membuat:
-         Kukus pisang tanduk sekitar selama 30 menit
-         Setelah selesai lumatkan pisang selagi hangat. Ada baiknya lumatkan dengan halus. Anda bisa menggunakan mixer atau blender.
-         Campur dengan seluruh bahan lainnya (kecuali keju dan margarin)
-         Olesi wadah dengan margarin.
-         Tuang adonan ke dalam wadah.
-         Letakkan keju di bagian atas adonan.
-         Kukus adonan selama sekitar 30 menit. Jangan lupa untuk memberi kain pada penutup panci agar air tidak jatuh ke adonan.
-         Angkat dan sajikan.

          Sajian ini bisa disajikan selagi hangat. Atau, bisa juga Anda menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas. Untuk menimatinya, Anda bisa juga menambahkan susu kental manis atau sirup sebagai sausnya.
Catatan tambahan:
-         Sajian ini bersifat lengket dan lunak.
-         Resep ini bias dinikmati untuk sekitar lima orang
-         Selain itu, sajian ini juga bersifat manis. Jadi untuk takaran gula, jika Anda kurang suka menyukai manis yang begitu terasa, kurangi takaran gula 3 sendok dari resep saya di atas.

-         Silahkan Mencoba membuat

^_^







Sumber : Ika Maya Susanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar